Monday, August 10, 2009

Gejolak Pasar Saham Pasca Penyampaian RAPBN 2010


Judul Lengkap:

Gejolak Pasar Saham pada Hari Keempat Pasca Penyampaian RAPBN 2010*

Oleh: Dr. Ir. Abdul Madjid Rohim, MS.**


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan harga saham pada hari keempat pasca penyampaian RAPBN 2010. Penelitian menggunakan metode deskriptive dan metode komparative dengan teknik sampling melalui media online (internet) terhadap 37 perusahaan yang sahamnya aktif diperdagangkan. Data yang dianalisis bersumber data harga saham yang ditayangkan secara online pada web http://www.idx.co.id dan http://www.etrading.co.id serta data dari media TV yaitu MetroTV (Bisnis Hari Ini) dan TV One (Kabar Pasar). Peubah utama yang diamati adalah: (1) harga saham pada penutupan hari Kamis 6 Agustus 2009, yaitu hari ketiga pasca penyampaian RAPBN 2010, dan (2) harga saham pada penutupan hari Jumat 7 Agustus 2009, yaitu hari keempat pasca penyampaian RAPBN 2010. Selanjutnya data dianalisis untuk mengetahui: (1) jumlah saham yang diperdagangkan yang mengalami perubahan kenaikan dan penurunan harga saham pada hari keempat pasca penyampaian RAPBN 2010, dan (2) besarnya prosentase harga saham yang mengalami kenaikan dan penurunan pada hari keempat tersebut. Berdasarkan penelitian pada hari keempat setelah penyampaian RAPBN 2010 diketahui bahwa jumlah saham yang harganya mengalami kenaikan sebanyak 8 jenis saham (21,62%) dan yang harganya mengalami penurunan sebanyak 24 jenis saham (64,87%) serta yang harganya tidak mengalami perubahan sebanyak 5 jenis saham (13,51%). Tingginya prosentase saham yang mengalami penurunan harga saham sebanyak 64,87% mengindikasikan bahwa pasar saham belum merespons positif terhadap penyampaian RAPBN 2010 sampai dengan hari keempat. Respons negatif tersebut juga terungkapkan dari terjadinya peningkatan hanya 4 indeks sedangkan terjadinya penurunan sebanyak 13 indeks dari 17 indek, sehingga berdampak pula terhadap menurunkan IHSG Penurunan ini juga disebabkan karena adanya aksi profit taking menjelang penutupan tersebut.

----------------------------------------------------------------------------------------


Keterangan:

* : Judul penelitian mandiri

** : Pengamat Harga Saham.

Catatan:

37 saham perusahaan yang dijadikan sample dalam penelitian ini serupa dengan penelitian sebelumnya, yaitu meliputi saham perusahan dengan kode sebagai berikut: AALI, ASII, BBCA, BBNI, BBRI, BMRI, BBKP, BDMN, PTBA, ANTM, BUMI, SMGR, TINS, ITMG, TLKM, BTEL, FREN, MNCN, UNSP, BRPT, KLBF, JSMR, WIKA, UNVR, GGRM, INTP, BLTA, META, RAJA, INDF, INCO, TRUB, PYFA, SMCB, ISAT, PGAS, dan MEDC.

Data harga saham pada tanggal 6 dan 7 Agustus dapat dilihat pada web: http://www.idx.co.ic dan http://www.etrading.co.id .

No comments:

Post a Comment